EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT BERBASIS QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 BATANG


Salsabila Syafari Zaza, 4301417031 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT BERBASIS QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 4301417031 - Salsabila Syafari Zaza(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Media dan metode pembelajaran termasuk dalam indikator kompetensi pedagogik. Media dan metode pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi dari guru maupun siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis (1) kelayakan media kahoot berbasis quantum learning, (2) tingkat efektivitas media kahoot berbasis quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Metode pengambilan data terdiri dari tes, pengambilan angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain efektivitas (uji korelasi dan uji regresi sederhana), kelayakan (ahli materi, siswa dan perbandingan hasil belajar siswa). Hasil yang diperoleh antara lain media kahoot berbasis quantum learning dinyatakan layak ditinjau dari validasi ahli materi (dosen ahli materi dan guru) serta siswa dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sementara itu, tingkat efektivitas media untuk meningkatkan hasil belajar kimia sebesar 47,4%. Maka, media kahoot berbasis quantum learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Kahoot, Quantum Learning, Hasil Belajar Kimia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:34
Last Modified: 02 Sep 2022 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51849

Actions (login required)

View Item View Item