DETERMINANTS OF LABOR ABSORPTION OF LARGE AND MEDIUM INDUSTRY IN CENTRAL JAVA PROVINCE 2016-2020


Bestanti Berliana Kumalasari, 7111416151 (2021) DETERMINANTS OF LABOR ABSORPTION OF LARGE AND MEDIUM INDUSTRY IN CENTRAL JAVA PROVINCE 2016-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi_7111416151_PDF - Bestanti Berliana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ketenagakerjaan oleh Negara berkembang khususnya di Indonesia adalah pertumbuhan angkatan kerja. Pada Provinsi Jawa Tengah terdapat penurunan pada jumlah tenaga kerja di sektor industri besar dan sedang tahun 2016- 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah industri, inflasi, IPM, dan UMK terhadap penyerapan tenaga kerja pada sektor industri besar dan sedang di Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan studi cross section yaitu 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah serta time series selama periode tahun 2016-2020. Metode pengolahan data dalam penelitian ini yaitu analisis data panel.Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Bada Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016-2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah industri Kabupaten/Kota memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten/Kota Jawa Tengah. Kemudian UMK memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten/Kota Jawa Tengah. Sedangkan inflasi dan indeks pembangunan manusia (IPM) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten/Kota Jawa Tengah tahun 2016-2020. Saran yang di dapat dalam penelitian ini dengan perkembangan jumlah industri, inflasi, IPM, dan Upah Minimum Kabupetan/Kota yang didapatkan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dengan sebaik-baiknya melalui berbagai kebijakan serta program pemerintah daerah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta taraf hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja, Jumlah Industri, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia, Upah Minimum Kabupaten/Kota
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:51
Last Modified: 01 Sep 2022 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51839

Actions (login required)

View Item View Item