KLASIFIKASI EMOSI TOKOH UTAMA PADA ROMAN THÉRÈSE DESQUEYROUX KARYA FRANCOIS CHARLES MAURIAC: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA MENURUT DAVID KRECH


AULIA SHOLIHAH, 2311415012 (2021) KLASIFIKASI EMOSI TOKOH UTAMA PADA ROMAN THÉRÈSE DESQUEYROUX KARYA FRANCOIS CHARLES MAURIAC: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA MENURUT DAVID KRECH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI AULIA SHOLIHAH - Aulia Sholihah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

hérèse Desqueyroux adalah roman keenam karya Francois Charles Mauriac yang dipublikasikan pada tahun 1927. Roman ini bercerita tentang Thérèse yang telah mencoba untuk meracuni suaminya. Namun, untuk menjaga nama baik keluarga dan melindungi putrinya, suaminya berusaha agar pengadilan Thérèse dinyatakan tidak pernah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan emosi-emosi yang dialami oleh tokoh utama dalam roman Thérèse Desqueyroux menggunakan teori klasifikasi emosi David Krech. Teori ini meliputi Emosi Dasar, emosi yang berhubungan dengan Stimulasi Sensorik, emosi yang berhubungan dengan penilaian diri sendiri dan emosi yang berhubungan dengan orang lain. Korpus data dalam penelitian ini adalah Thérèse Desqueyroux karya Francois Charles Mauriac. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis isi. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa emosi yang terdapat dalam roman Thérèse Desqueyroux yaitu emosi dasar, emosi yang berhubungan dengan stimulasi sensorik, emosi yang berhubungan dengan penilaian diri sendiri dan emosi yang berhubungan dengan orang lain. Emosi-emosi tersebut muncul karna peran tokoh tambahan yang terdapat di dalam roman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif atau ide baru bagi mahasiswa sastra Perancis, khususnya untuk memahami dan menggunakan teori klasifikasi emosional David Krech kajian psikologi sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Thérèse Desqueyroux, Klasifikasi Emosi, Penokohan, Psikologi Sastra.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:34
Last Modified: 01 Sep 2022 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51834

Actions (login required)

View Item View Item