PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA RELASI PEMASARAN HIJAU, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Starbucks Coffee di Kota Semarang)


Rizaldi Abdil Wahab, 7311417181 (2021) PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA RELASI PEMASARAN HIJAU, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Starbucks Coffee di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311417181 - Rizaldi Abdil Wahab.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pembelian adalah perbuatan yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, mengevaluasi, dan menghabiskan sebuah produk dan jasa yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhannya. Keputusan pembelian menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan karena hal ini tentu akan menjadi sebuah pertimbangan bagaimana sebuah strategi pemasaran yang hendak dilakukan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemasaran hijau dan corporate social responsibility berpengaruh terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui apakah citra merek mampu memediasi pemasaran hijau dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Coffee di Kota Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model�Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan program Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran hijau dan corporate social responsibility memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, selanjutnya citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji indirect effect juga menunjukkan bahwa citra merek mampu memediasi hubungan antara pemasaran hijau dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian. Tinggi rendahnya penerapan pemasaran hijau dan corporate social responsibility memengaruhi keputusan pembelian pada konsumen Starbucks Coffee di Kota Semarang. Citra merek juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta dapat memediasi hubungan pemasaran hijau dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian pada konsumen Starbucks Coffee di Kota Semarang. Saran untuk Starbucks Coffee di Kota Semarang agar lebih berani lagi untuk melakukan penerapan pemasaran hijau dan corporate social responsibility, serta peningkatan citra merek secara berkelanjutan untuk mempertahankan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Hijau, Corporate Social Responsibility, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Starbucks
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:23
Last Modified: 01 Sep 2022 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51832

Actions (login required)

View Item View Item