POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI Studi Kasus: Keluarga Pekerja Pemandu Karaoke di Kampung Rowosari Atas Kelurahan Mangkang Kulon


Diana Rifki Damayanti, 1201416085 (2021) POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI Studi Kasus: Keluarga Pekerja Pemandu Karaoke di Kampung Rowosari Atas Kelurahan Mangkang Kulon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI DIANA RIFKI D - diana rifki damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Diana Rifki Damayanti, 2020. Pola Asuh Orangtua dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia dini Studi kasus: Keluarga Pekerja Pemandu Karaoke di Paguyuban Kampung Karaoke Rowosari atas Semarang, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Imam Shofwan, S.Pd., M.Pd. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam pemandu karaoke, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong pola asuh orangtua dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini pada keluarga pekerja pemandu karaoke. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. subjek penelitian terdiri dari ketua paguyuban karaoke, ketua Rt digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. penelitian ini menghasilkan 1.) orangtua yang mendidik anaknya mengunakan pola asuh permisif mempunyai sisi yang positif ialah sanggup jadi sahabat baik. Anak cenderung belajar mengendalikan didinya sendiri. Pola asuh otoriter ialah tipe pola asuh yang cenderung memaksakan kehendak, sebab membentuk kepribadian disiplin serta patuh pada anak, tetapi terdapat akibat kurang baik. Pola asuh demokratis sanggup menghindari anak supaya leluasa dari permasalahan karakter. kesehatan mental anak lebih terpelihara dalam jangka waktu yang panjang; 2.) Perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini, emosi yang menekan orang untuk membagikan reaksi ataupun bertingkah laku terhadap stimulus yang terdapat pada individu Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran seperti berikut: 1.) Orangtua pekerja sebagai pemandu karaoke diharapkan dapat mengasuh anaknya sendiri agar anak merasa nyaman, serta diasuh dengan pola asuh yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik; 2.) kepada para orangtua supaya lebih mencermati permasalahan pola asuh yang diterapkan didalam keluarga. Karena pada saat ini terjadi banyaknya konflik dan minimnya rasa simpati serta empati dari anak dalam pertumbuhan emosinya yang diakibatkan oleh pola asuh. orangtua sebaiknya mengkomunikasikan bila mengambil suatu tindakan ataupun keputusan secara sepihak dan lebih mencermati akibat apa saja yang hendak mencuat akibat pola asuh yang salah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Perkembangan kecerdasan emosional
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Child
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:27
Last Modified: 01 Sep 2022 07:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51831

Actions (login required)

View Item View Item