PENGARUH KEADILAN PROSEDURAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (PADA IKM MONEL KRIYAN, KABUPATEN JEPARA)


MOHAMMAD FATHONI RIZQI, 7311415210 (2021) PENGARUH KEADILAN PROSEDURAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN KETERIKATAN KERJA SEBAGAI MEDIASI (PADA IKM MONEL KRIYAN, KABUPATEN JEPARA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311415210 - Latif Fahrudin.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of 7311415210 - Latif Fahrudin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan inovatif yang cepat di lingkungan global memaksa banyak organisasi untuk meninjau kontribusi karyawan terhadap perilaku kerja inovatif. Perilaku inovatif di tempat kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi organisasi untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan kerja. Guna meningkatkan perilaku kerja inovatif pada karyawan dibutuhkan keadilan prosedural, kepemimpinan transformasional dan keterikatan kerja pada sebuah organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada IKM Monel. Untuk jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu sejumlah 41 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini yaitu keadilan prosedural, kepemimpinan transformasional, keterikatan kerja, dan perilaku kerja inovatif. Analisis data menggunakan Path Analysis dengan program SPSS versi 24. Hasil penelitian dengan path analysis, menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima dan berpengaruh secara signifikan. Pada penelitian ini terdapat 5 hipotesis dengan hasil sebagi berikut: keadilan prosedural, kepemimpinan transformasional dan keterikatan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Keterikatan kerja dapat memediasi hubungan keadilan prosedural dan kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif dengan hasil berpengaruh secara positif dan signifikan. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan, serta keterikatan kerja dapat memediasi hubungan keadilan prosedural dan kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif. Saran untuk pemilik IKM Monel yaitu dapat menerima masukan dari setiap karyawan sebelum mengambil keputusan, selalu melibatkan para karyawan dalam setiap pengambilan keputusan. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dapat menambahkan variabel pada penelitian, dapat menggunakan analisis data yang berbeda, serta melakukan penelitian pada objek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Prosedural, Kepemimpinan Transformasional, Keterikatan Kerja, Perilaku Kerja Inovatif
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:17
Last Modified: 01 Sep 2022 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51830

Actions (login required)

View Item View Item