PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DAN PENANAMAN NILAI-NILAI KESEJARAHAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG
Dita Ariyanti, 3101417032 (2021) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DAN PENANAMAN NILAI-NILAI KESEJARAHAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MASA PANDEMI DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran daring diawal tahun 2020 akibat adanya pandemi Covid-19 membuat berubahnya cara pemanfaatan sumber belajar dan penanaman nila-nilai kesejarahan. berubahnya pelaksanaan pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara langsung menjadi dalam jaringan. membuat guru harus berinovasi agar pembelajaran sejarah tetap berkualitas dan mencapai tujuan Pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pemanfaatan sumber belajar sejarah oleh guru pada masa pandemi, 2) menganalisis penanaman nilai-nilai kesejarahan oleh guru pada masa pandemi, 3) mengetahui sarana yang digunakan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai kesejarahan di SMA Kristen YSKI Semarang pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi study kasus. Lokasi penelitian ini adalah SMA Kristen YSKI Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, observasi dan dokumen, Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Uji keabsahan penelitian data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini 1) sumber belajar sejarah pada pembelajaran daring (dalam jaringan) pada masa pandemi di manfaatkan sebagai penugasan seperti infografis dan buku bse sejarah, kunjungan situs seperti penggunaan video dokumenter dan foto yang mengandung nilai kesejarahan dan terakhir sumber belajar sejarah di manfaatkan sebagai game seperti quissis dan teka teki silang yang didalamnya termuat materi sejarah 2) penanaman nilai-nilai kesejarahan pada masa pandemi oleh guru dengan menyisipkan nilai kesejarahan pada saat menjelaskan materi dan menggunakan sumber belajar sejarah untuk menanamkan nilai kesejarahan seperti foto, video dan buku, 3) sarana yang digunakan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai kesejarahan di SMA Kristen YSKI Semarang yaitu buku, media berteknologi, ZOOM dan materi pembelajaran. Saran dari peneliti adalah guru diharapkan mampu memilah dan berinovasi dalam memilih sumber belajar yang tepat dimasa pandemi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sumber Belajar Sejarah, Nilai Kesejarahan, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 07:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51829 |
Actions (login required)
View Item |