PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA DIALEK TEGAL BERBASIS ADAB SEHARI-HARI


Aisyah, 2601416064 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA DIALEK TEGAL BERBASIS ADAB SEHARI-HARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_AISYAH_2601416064 REVISI 3 - Aisyah Ais.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Merosotnya nilai adab merupakan salah satu dampak negatif yang terjadi akibat adanya arus globalisasi. Semakin lama rusaknya nilai adab menunjukkan kondisi yang semakin memprihatinkan. Padahal adab memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan manusia. Sebagai media yang memiliki peran penting dalam proses penyampaian informasi, buku bisa dijadikan sebagai salah satu perantara penanaman nilai adab pada anak. Salah satu buku yang banyak digemari anak-anak yaitu buku cerita. Buku ini termasuk ke dalam jenis buku pengayaan. Buku yang dipilih haruslah buku yang bahasanya mudah dipahami oleh anak, sehingga keseluruhan isi cerita bisa terserap secara utuh. Namun demikian, buku pengayaan dengan bahasa yang konstektual ketersediaanya masih sangat minim di daerah Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kebutuhan siswa dan guru, menyusun desain prototipe produk, serta mendeskripsikan hasil uji validasi terhadap pengembangan buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa dialek Tegal berbasis adab sehari-hari dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Sumber dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari: 1) beberapa tempat penyedia buku melalui teknik observasi, 2) siswa kelas III SD Negeri Kebasen 01 melalui teknik penyebaran angket, 3) guru kelas melalui teknik wawancara, dan 4) validator ahli melalui teknik uji validasi produk. Hasil pengumpulan data yang telah dilakukan menyatakan bahwa perlu dikembangkan buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa dialek Tegal berbasis adab sehari-hari. Berdasarkan tingkat kebutuhan dan teori yang mendukung, peneliti akhirnya memutuskan mengembangkan buku berjudul Jebule ora Ilok. Buku Jebule ora Ilok memiliki lima judul yang ceritanya saling berkaitan. Karakteristik buku Jebule ora Ilok di antaranya yaitu: 1) memuat nilai adab, 2. menggunakan bahasa Jawa dialek Tegal, 3) dilengkapi glosarium, dan 4) kontekstual. Uji validasi dilakukan oleh dua validator ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi ahli materi meliputi 3 aspek yaitu aspek materi memperoleh presentase 96,6%, aspek penyajian memperoleh presentase 100%, dan aspek bahasa memperoleh presentase 93,3%. Ketiga aspek tersebut memiliki kriteria validitas sangat baik. Adapun hasil uji validasi dari ahli media memperoleh presentase 89% dengan kriteria validitas sangat baik. Simpulan dari hasil uji validasi di atas menyatakan bahwa buku Jebule ora Ilok yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan sebagai bahan untuk kegiatan pengayaan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, cerita anak, dialek Tegal, adab sehari-hari
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:11
Last Modified: 01 Sep 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51828

Actions (login required)

View Item View Item