PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMITE AUDIT, DEWAN DIREKSI, DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Pungky Indrawan Dwi Laksana, 7211417100 (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMITE AUDIT, DEWAN DIREKSI, DAN DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417100 - Pungky Indrawan Dwi Laksana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sustainability report merupakan laporan yang diterbitkan oleh perusahaan yang berisikan tentang tiga aspek yakni ekonomi, lingkungan, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris terkait pengaruh kepemilikan institusional, komite audit, dewan direksi, dan dewan komisaris independen terhadap pengungkapan lingkungan yang disajikan dalam sustainability report dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang berpengaruh langsung terhadap kerusakan alam dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018- 2019 dengan jumlah 181 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang menghasilkan 28 perusahaan dengan total 56 unit analisis selama dua tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis statistik deskriptif menggunakan aplikasi SPSS 22, sedangkan analisis inferensial menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan lingkungan pada sustainability report. Sementara kepemilikan institusional, dewan direksi dan dewan komisaris independen memiliki hubungan negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan lingkungan dalam sustainability report, juga profitabilitas memiliki hubungan positif namun tidak signifikan terhadap pengungkapan lingkungan dalam sustainability report. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan rapat komite audit dapat meningkatkan pengungkapan lingkungan dalam sustainability report. Sedangkan kepemilikan institusional, dewan direksi, dewan komisaris independen, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan dalam sustainability report. Profitabilitas sebagai variabel intervening hanya mampu memediasi komite audit terhadap pengungkapan lingkungan pada penelitian ini. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan dapat melaporkan pengungkapan lingkungan pada sustainability report lebih detail dan menyeluruh sesuai dengan 32 kriteria menurut GRI standards.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Profitabilitas, dan Sustainability Report.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:11
Last Modified: 01 Sep 2022 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item