PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SISWA SMA YAYASAN KESATRIAN 67 SEMARANG


Rafika Indrawati, 1301416064 (2021) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SISWA SMA YAYASAN KESATRIAN 67 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI RAFIKA INDRAWATI 1301416064 - Rafika Indrawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh fenomena kurangnya kepuasan hidup, serta seringnya mengalami emosi negatif sehingga siswa mengalami rendahnya subjective well-being. Tujian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap subjective well-being pada siswa SMA Yayasan Kesatrian 67 Semarang, yang terdiri dari dua sekolah, diantaranya SMA Kesatrian 1 Semarang dan SMA Kesatrian 2 Semarang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Subjek penelitian berjumlah 289 siswa dari 1366 dengan teknik pengambilan sampel yaitu Proportioned Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala subjective well-being dan skala intensitas penggunaan media sosial Instagram. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat intensitas penggunaan media sosial Instagram berada pada kategori tinggi sedangkan tingkat subjective well-being pada siswa berada pada kategori rendah dan ditemukan hubungan yang negatif signifikan antara intensitas penggunaan media sosial Instagram dan subjective well-being pada siswa. Dari hasil tersebut dapat dipahami bahwa semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan media sosial Instagram pada siswa maka semakin rendah tingkat subjective well-being. Berkaitan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru BK dapat menindaklanjuti permasalahan siswa mengenai rendahnya subjective well-being dengan merancang program layanan bimbingan dan konseling baik dalam bentuk klasikal, kelompok, maupun individu dengan berbagai topik tertentu sehingga menurunkan intensitas penggunaan media sosial Instagram dan meningkatkan subjective well-being yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: subjective well-being, intensitas, penggunaan media sosial, instagram
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:04
Last Modified: 01 Sep 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51826

Actions (login required)

View Item View Item