ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODERASI TYPE A PERSONALITY DALAM HUBUNGAN ROLE CONFLICT, ROLE AMBIGUITY, ROLE OVERLOAD, DAN JOB INSECURITY TERHADAP JOB BURNOUT AUDITOR (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang)


Farida Nur Istiqomah, 7211414113 (2021) ANALISIS PENGARUH VARIABEL MODERASI TYPE A PERSONALITY DALAM HUBUNGAN ROLE CONFLICT, ROLE AMBIGUITY, ROLE OVERLOAD, DAN JOB INSECURITY TERHADAP JOB BURNOUT AUDITOR (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211414113 - Farida Nur Istiqomah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Profesi akuntan merupakan salah satu profesi yang mengalami tingkat stres tertinggi. Ketika auditor dalam boundary spanning sangat berpotensi mengalami tekanan peran (role stress) sebab individu harus berinteraksi dengan banyak orang baik di dalam maupun di luar organisasi dengan berbagai keinginan dan harapan. Beban kerja audit yang tinggi di samping ketidakmampuan auditor dalam mengelola diri akan menyebabkan beberapa permasalahan termasuk role conflict, role ambiguity, role overload, dan job insecurity yang kemungkinan akan dapat menyebabkan job burnout auditor. Seseorang yang berkepribadian tipe A adalah seseorang yang cenderung ambisius, kompetitif, berorientasi pada prestasi, dan memiliki kecenderungan tidak sabar sehingga lebih berpotensi mengalami stress. burnout adalah gangguan psikologis emosional jangka panjang yang diakibatkan karena adanya stressor dari tekanan-tekanan pekerjaan yang berakibat pada kelelahan emosional, depersonalisasi, dan penurunan prestasi kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel moderasi Type A personality dalam hubungan role conflict, role ambiguity, role overload, dan job insecurity terhadap job burnout auditor. Populasi penelitian ini adalah auditor pada KAP di Kota Semarang. Jumlah sampel yang diuji sebanyak 59 auditor yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel role conflict berpengaruh positif signifikan terhadap job burnout. Variabel role ambiguity, role overload, dan job insecurity tidak signifikan berpengaruh terhadap job burnout. Variabel role conflict dan role overload berpengaruh signifikan terhadap job burnout melalui Type A personality, namun variabel role ambiguity dan job insecurity tidak berpengaruh signifikan terhadap job burnout melalui Type A personality. Saran untuk Kantor Akuntan Publik adalah untuk mengenali karakteristik kepribadian auditor dengan memperbaiki jadwal kerja dan tugas auditor serta mengkomunikasikan standar yang di tetapkan demi mencegah terjadinya job burnout. Penelitian selanjutnya sebaiknya meneliti responden secara lebih spesifik yaitu dengan mengklasifikasikan level auditor dan periode lama bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Role Conflict, Role Ambiguity, Role Overload, Job Insecurity, Type A Personality, Job Burnout
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:04
Last Modified: 01 Sep 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51823

Actions (login required)

View Item View Item