EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO


Erwin Ardiansyah, 5302414011 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO] PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas serta kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman materi dan minat belajar siswa. Terlebih jika kita melihat masa sekarang ini pada masa pandemi COVID – 19 ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran konvensional. Salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran daring adalah SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivitasan model pembelajaran daring terhadap pemahaman materi dan minat belajar siswa SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan pengambilan data secara angket / kuesioner melalui google form dan alat uji analisis menggunakan SEMPLS dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian dari uji SEM-PLS menunjukkan nilai R 2 dari PM sebesar 0,436. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring (PD) memiliki pengaruh positif terhadap Pemahaman Materi (PM), nilai tersebut dapat diinterpretaasikan bahwa pengaruh PD terhadap PM sebesar 43,6% (moderate / sedang), dan Minat Belajar (MB) mendapatkan nilai R2 sebesar 0,443. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Daring (PD) memiliki pengaruh positif terhadap Minat Belajar (MB), nilai tersebut dapat diinterpretaasikan bahwa pengaruh PD terhadap MB sebesar 44,3% (moderate / sedang). Saran yang diajukan adalah agar siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga akan tercapai tujuan dari pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran daring, pemahaman materi, minat belajar, Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:45
Last Modified: 01 Sep 2022 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51819

Actions (login required)

View Item View Item