PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, BRAND IMAGE, DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT BELI PRODUK DALAM NEGERI (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan 2017)


Minat beli produk dalam negeri adalah kecenderungan konsumen unt, 7101417118 (2021) PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, BRAND IMAGE, DAN LIFESTYLE TERHADAP MINAT BELI PRODUK DALAM NEGERI (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417118 - Hudaya Hani Nur Arifin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Minat beli produk dalam negeri adalah kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yang berhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian produk dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh consumer ethnocentrism, brand image, dan lifestyle terhadap minat beli produk dalam negeri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan 2017 yang berjumlah 856. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode proportionate random sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 273 orang. Data penelitian yang diolah merupakan data primer yang diperoleh dari kuesioner online. Pengujian instrumen kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan alat analisis program IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = -93,016 + 11,236 X1 + 13,003 X2 + 9,628 X3 + e. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap minat beli produk dalam negeri adalah consumer ethnocentrism sebesar 8,82%. Sedangkan pengaruh variabel brand image terhadap minat beli produk dalam negeri sebesar 6,86%, dan pengaruh lifestyle terhadap minat beli produk dalam negeri sebesar 2,99%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara consumer ethnocentrism, brand image, dan lifestyle terhadap minat beli produk dalam negeri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES Angkatan 2017. Saran dari penelitian ini yaitu tingkat consumer ethnocentrism di dalam diri mahasiswa harus ditingkatkan lagi agar memiliki kepedulian terhadap produk dalam negeri dan menciptakan lifestyle untuk membeli produk dalam negeri. Bagi produsen produk dalam negeri, brand image produk lokal juga harus lebih baik lagi agar produk dalam negeri semakin diminati masyarakat Indonesia. Bagi peneliti selanjutnya, agar menambahkan variabel lain yang mungkin menjadi faktor minat beli produk dalam negeri, serta memperluas subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Consumer Ethnocentrism, Brand Image, Lifestyle, Minat Beli Produk Dalam Negeri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:36
Last Modified: 01 Sep 2022 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51818

Actions (login required)

View Item View Item