PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMELIHARAAN SISTEM 4 WD DI SMK N 2 KENDAL


Mukhammad Isnaendy, 5202413054 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMELIHARAAN SISTEM 4 WD DI SMK N 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi full - Nendy Marnawie.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai : (1) untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan berbasis powerpoint pada kompetensi dasar pemeliharaan sistem 4WD (four-wheel-drive) kelas XI bidang keahlian TKR SMK N 2 Kendal, (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar setelah memberikan perlakuan dengan menggunakan multimedia interaktif pada kompetensi dasar pemeliharaan sistem 4WD (four-wheel-drive) kelas XI bidang keahlian TKR SMK N 2 Kendal. Penelitan ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan membatasi menjadi delapan langkah, terdapat delapan langkah yang diterapkan adalah sebagai berikut, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket validasi ahli kepada ahli materi dan ahli media serta kuisioner siswa untuk mengetahui kepuasan siswa terhadap multimedia, uji coba media menggunakan kelas experimen tanpa menggunakan kelas kontrol dengan 25 siswa pada siswa kelas XI TKR SMK N 2 Kendal. Data angket kemudian diolah untuk menentukan tingkat kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian berupa produk media pembelajaran pemeliharaan sistem 4WD berbasis aplikasi powerpoint yang diterapkan untuk siswa SMK kelas XI, hasil penilaian dari ahli materi menunjukan tingkat kelayakan dengan skor total 207 dengan presentase kelayakan 82,80%, tingkat kelayakan pada ahli media sebesar 131 dengan presentase kelayakan 81,875%, peningkatan hasil belajar siswa setelah perlakuan memperoleh hasil cukup efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pemeliharaan sistem 4WD berbasis powerpoint dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Sistem 4WD, Transfer case.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:32
Last Modified: 01 Sep 2022 06:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51817

Actions (login required)

View Item View Item