ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X TAHUN AJARAN 2019/2020 DI SMK NEGERI 1 SALATIGA
Yulia Fitri Ambarwati, 7101417044 (2021) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X TAHUN AJARAN 2019/2020 DI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis butir soal merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui kualitas butir soal. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bahwa guru khususnya yang mengampu mata pelajaran kearsipan belum melakukan analisis butir soal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas butir soal UAS mata pelajaran kearsipan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 105 lembar soal dan objek sebanyak 40 butir soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan progam ANATES V4.0.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas soal mayoritas berada pada kategori valid yaitu 70% atau 28 butir soal dan soal tidak valid 30% atau 12 butir soal. Nilai reliabilitas menunjukan Alpha=0,81 yang berarti soal reliable. Berdasarkan tingkat kesukaran soal sebanyak 1 (2,5%) butir soal kategori sukar, 19 (47,5%) butir soal kategori sedang dan sebanyak 20 (50%) butir soal kategori mudah. Berdasarkan daya pembeda terdapat 7 (17,5%) butir soal ketegori jelek, 15 (37,5%) butir soal kategori cukup, dan 18 (45%) butir soal kategori baik. Berdasarkan keefektifan fungsi distraktor, secara keseluruhan terdapat 59 (36,88%) fungsi pengecoh berfungsi dengan baik dan sebanyak 101 (63,13%) tidak berfungsi. Kesimpulan dari hasil penelitian terhadap butir soal Ulangan Akhir Semester genap mata pelajaran kearsipan kelas X tahun ajaran 2019/2020 Di SMK Negeri 1 Salatiga yaitu perangkat soal belum dikatakan baik sehingga masih harus dilakukan perbaikan. Perbaikan yang perlu dilakukan yaitu tingkat kesukaran yang berkategori sangat mudah, memperbaiki daya pembeda positif kategori jelek. Serta memperbaiki fungsi pengecoh yang tidak berfungsi (kurang dari 5%). Untuk soal yang memenuhi dari kreiteria tersebut dan soal diterima dapat disimpan untuk tes selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Kualitas Butir Soal, Kearsipan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) > Learning Outcomes L Education > L Education (General) > Education Management |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 06:28 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 06:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51815 |
Actions (login required)
View Item |