GAMBARAN KARAKTERISTIK TEMPAT PERINDUKAN NYAMUK Culex sp. DI SEKITAR TEMPAT TINGGAL PENDERITA FILARIASIS DI KABUPATEN BREBES TAHUN 2020


Mita Oktafian, . 6411416003 (2021) GAMBARAN KARAKTERISTIK TEMPAT PERINDUKAN NYAMUK Culex sp. DI SEKITAR TEMPAT TINGGAL PENDERITA FILARIASIS DI KABUPATEN BREBES TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411416003 - Mita Oktafian.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah kasus penyakit filariasis di Kabupaten Brebes mengalami peningkatan di setiap tahunnya, pada tahun 2016 sebanyak 25 kasus, yang mengalami kenaikan pada tahun 2017 menjadi 29 kasus, kemudian mengalami kenaikan pada tahun 2018 sebanyak 5 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tempat perindukan nyamuk Culex sp. di sekitar tempat tinggal penderita filariasis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Survei dilakukan pada seluruh total sampel yang telah ditentukan yaitu 15 tempat tinggal penderita filariasis di Kabupaten Brebes yang terdiri dari Kecamatan Ketanggungan, Kecamatan Bantarkawung dan Kecamatan Paguyangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi yang digunakan untuk survei secara langsung. Data dianalisis dengan menggunakan uji univariat dengan perangkat SPSS yang kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk angka dalam tabel dan bentuk narasi untuk menggambarkan kondisi tempat perindukan nyamuk Culex sp. Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 46,7% rumah penderita terdapat keberadaan genangan air sebanyak 60,0% terdapat keberadaan sungai dan 93,3% terdapat keberadaan selokan. Yang masing-masing berjarak 0-200 meter dari setiap tempat tinggal penderita. Serta ditemukan keberadaan larva nyamuk Culex sp. dibeberapa tempat perindukan. Saran penelitian ini adalah untuk menjaga kebersihan di lingkungan rumah khususnya pada tempat-tempat yang dapat menjadi tempat perindukan nyamuk Culex sp. untuk meminimalisir terjadinya penyebaran penyakit filariasis di Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambaran Tempat Perindukan. Nyamuk Culex sp. Filariasis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:41
Last Modified: 01 Sep 2022 05:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51809

Actions (login required)

View Item View Item