PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI PESERTA DIDIK SMP


Ira Listiya Hartati, 2101417091 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI BERMUATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BAGI PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ira Listiya H_2101417091 - Ira Listiya Hartati (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya sebuah buku begitu sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar karena buku adalah bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya buku, pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar dan peserta didik tidak dapat belajar secara maksimal. Selain itu, buku diibaratkan sebagai jendela dunia karena informasi dan ilmu yang kita peroleh sebagian besar bersumber dari buku. Buku sangat diandalkan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di perpustakaan, toko buku, dan tiga sekolah yang berada di Kecamatan Wangon diketahui bahwa ketersediaan bahan ajar terutama buku pengayaan masih terbatas. Kemudian dalam pembelajaran pendidik dan peserta didik dari ketiga sekolah hanya menggunakan buku teks bahasa Indonesia kelas VII terbitan Kemendikbud. Materi yang disajikan buku tersebut masih bersifat umum. Oleh karena itu, untuk menunjang kegiatan pembelajaran menyusun teks deskripsi maka diperlukan buku pendamping seperti buku pengayaan keterampilan. Buku pengayaan keterampilan memiliki peran penting dalam pembelajaran yaitu menambah pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan pada peserta didik. Perubahan sistem pendidikan ini terjadi pada kurikulum, dari kurikulum 2006 atau KTSP hingga kurikulum 2013 yang mengalami revisi pada tahun 2017. Perubahan kurikulum 2013 revisi 2017 terjadi juga pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi teks deskripsi salah satunya. Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek yang tergambarkan melalui pancaindera sehingga pembaca dapat memahami objek yang digambarkan. Berkaitan dengan buku pengayaan teks deskripsi yang masih jarang kita jumpai, maka diperlukan buku pengayaan keterampilan pada teks deskripsi. Buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural ini sangat diperlukan karena dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan peserta didik terkait teks deskripsi yang terkandung nilai-nilai pendidikan multikultural. Dengan adanya pengembangan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural, peserta didik diharapkan dapat memahami nilai-nilai dalam pendidikan multikultural. Rumusan penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, (2) bagaimanakah prinsip pengembangan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik, (3) bagaimanakah prototipe buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, dan (4) bagaimanakah penilaian ahli serta tanggapan peserta didik terhadap x produk buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, (3) menyusun prototipe buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, dan (4) memaparkan penilaian ahli serta tanggapannya terhadap produk buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap yaitu: (1) tahap survey, (2) tahap awal pengembangan draf, (3) tahap desain, (4) tahap validasi produk, dan (5) tahap revisi dan perbaikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan peserta didik dan pendidik, serta angket uji validasi ahli. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan memaparkan dan menyimpulkan data. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) peserta didik dan pendidik membutuhkan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural sebagai pendamping pembelajaran, (2) prinsip pengembangan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural meliputi empat aspek yaitu aspek isi materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek grafika, (3) prototipe buku pengayaan menyusun teks deskripsi terdiri atas empat bagian yaitu bagian sampul buku, bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku, (4) penilaian dan saran validator terkait buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP. Adapun hasil yang diperoleh 85,6% dengan kategori sangat layak. Terdapat saran yang direkomendasikan peneliti yaitu: (1) pendidik sebaiknya menggunakan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural sebagai penunjang dalam pembelajaran, (2) pada saat pembelajaran sebaiknya pendidik menanamkan nilai-nilai positif melalui buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural bagi peserta didik SMP, dan (3) penelitian ini hanya sampai pada tahap kelima yaitu merevisi dan memperbaiki prototipe buku pengayaan sehingga diperlukan penelitian lanjut untuk menyempurnakan penelitian pengembangan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bermuatan pendidikan multikultural agar menghasilkan kualitas produk yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan; teks deskripsi; pendidikan multikultural
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:22
Last Modified: 01 Sep 2022 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51796

Actions (login required)

View Item View Item