PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DIGITAL AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA KELAS XI SMA KOTA SEMARANG


Wilda Asyrofa, 2601416084 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DIGITAL AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA KELAS XI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of File Skripsi Wilda Asyrofa edit - wilda asyrofa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran aksara Jawa sudah dimulai sejak siswa berada di bangku Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Menulis aksara Jawa merupakan salah satu ketrampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Namun kenyataan di lapangan, ketrampilan menulis aksara Jawa siswa kelas XI SMA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah masih sedikitnya media pembelajaran menulis aksara Jawa yang mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Untuk itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran menulis aksara Jawa yang mampu menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Untuk melakukan penelitian ini perlu adanya teori-teori dari berbagai sumber yang dapat mendukung penelitian. Seperti teori dalam Media Pembelajaran, Pembelajaran Menulis Aksara Jawa, dan Media Puzzle Digital Aksara Jawa. Tujuan dari penelitian adalah (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan media puzzle digital aksara Jawa untuk pembelajaran menulis aksara Jawa kelas XI SMA, (2) mendeskripsikan prototipe media puzzle digital untuk pembelajaran menulis aksara Jawa kelas XI SMA, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi media puzzle digital untuk pembelajaran menulis aksara Jawa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) sebagai metode penelitian. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa, ahli materi, dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan angket. Serta analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik, sedangkan guru membutuhkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis aksara Jawa, (2) prototipe media pembelajaran puzzle digital aksara Jawa terdiri dari tiga bagian yaitu padabagian pertama berisi jenis-jenis aksara dan sandhangan, pada bagian kedua berisi materi dan permainan puzzle, sedangkan bagian ketiga berisi petunjuk penggunaan dan fungsi tombol, dan (3) hasil uji validasi dari ahli menyebutkan bahwa media puzzle digital aksara Jawa sudah layak untuk digunakan, akan tetapi dengan perbaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Menulis, Aksara Jawa
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:14
Last Modified: 01 Sep 2022 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51794

Actions (login required)

View Item View Item