PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA KOMPETENSI MENDIAGNOSIS KERUSAKAN SISTEM STARTER


Ibnu Habibi Nabilah, 5202415080 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA KOMPETENSI MENDIAGNOSIS KERUSAKAN SISTEM STARTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202415080 - ibnu habibi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Ketersediaan media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar masih belum menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Inovasi media pembelajaran menjadi mutlak dilakukan oleh pendidik. Salah satu media belajar yang masih diperlukan pengembangan adalah video pembelajaran pada kompetensi mendiagnosis kerusakan sistem starter. Penggunaan video pembelajaran yang inovatif dinilai lebih memotivasi siswa untuk mempelajari materi. Media ini menunjukkan gejala kerusakan, penyebab dari gejala yang ditimbulkan dan prosedur tindakan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menguji kelayakan media (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa (3) Mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap media pembelajaran berbasis video yang telah dikembangkan. Metode penelitian menggunakan R&D model ADDIE. Validasi kelayakan dilakukan oleh empat ahli media dan dua ahli materi, lalu dilakukan uji coba lapangan dengan cara diterapkan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas XII Jurusan TKR. Desain eksperimen Pre�Experimental Design digunakan dengan pola One – Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilanjutkan mengumpulkan tanggapan siswa tentang kepuasan terhadap penggunaan media. Apabila tanggapan siswa menunjukkan bahwa video yang telah dikembangkan memuaskan dalam memberikan pemahaman terhadap siswa, maka video hasil pengembangan menjadi sebuah produk akhir yang benar-benar menjadi solusi pada rumusan masalah penelitian dan dapat digunakan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut ahli media maupun ahli materi, produk pengembangan media pembelajaran berbasis video sangat layak digunakan (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran hasil pengembangan (3) Produk pengembangan masuk dalam interpretasi Sangat Memuaskan. Saran yang dapat penulis rekomendasikan dalam penelitian ini adalah: (1) Media dapat digunakan di instansi sekolah sebagai pendukung kegiatan pembelajaran (2) Media diunggah di website resmi Pendidikan Teknik Otomotif, FT Universitas Negeri Semarang untuk memudahkan distribusi media terhadap mahasiswa Universitas Negeri Semarang (3) Media dapat dikembangkan sebagai pendukung pembuatan media dengan kompetensi lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, sistem starter, penelitian pengembangan, diagnosis kerusakan.
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:46
Last Modified: 01 Sep 2022 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51788

Actions (login required)

View Item View Item