SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI/SEDERAJAT SE-KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2021


Irfan Dwi Yulianto, 6101417095 (2021) SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI/SEDERAJAT SE-KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of draf 1 skripsi irfan - Irfan Dwi Yuliant.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran penjas yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19, pemerintah melakukan segala upaya agar pembelajaran khususnya mata pelajaran penjas tetap berjalan dan tetap mencapai tujuanya, pemerintah sendiri menerapkan kebijakan dengan melakukan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ), permasalahan penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembelajaran penjas dalam situasi pandemi Covid-19 di SMP negeri/sederajat Se�Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran penjas yang meliputi proses perencanaan pelaksanaan dan evaluasi dalam situasi pandemi Covid-19 di SMP Negeri/Sederajat Se-Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Memeriksa keabsahan data dengan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pembelajaran penjas dalam situasi pandemi Covid-19 di SMP Negeri/Sederajat Se-Kecanatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Perencanaan yang dilakukan guru penjas meliputi pembuatan silabus, RPP, bahan ajar, mempersiapkan media, dan instrumen penilaian yang disesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan media pembelajaran whatsapp grub dan ada juga satu sekolahan yang melakukan pembelajaran secara luring dengan menggunakan medi lembar kerja siswa (LK). Penilaian yang dilakukan tetap menggunakan tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotor. Kesimpulanya adalah proses perencanaan sudah dalam kategori baik karena guru telah menyiapkan semua perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajarandalam kategori kurang baik karena dalam pelaksanaanya masih memiliki banyak kendala, untuk penilaian sudah dalam kategori baik karena penilaianya tetap memuat tiga aspek yang membedakan adalah cara dalam penilaianya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, penjas, Covid-19
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:50
Last Modified: 01 Sep 2022 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51787

Actions (login required)

View Item View Item