PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS KONTEN INSTAGRAM DASAR-DASAR FOTOGRAFI DI SMK NEGERI 8 SEMARANG


Harrin Pramadhani, 1102416027 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS KONTEN INSTAGRAM DASAR-DASAR FOTOGRAFI DI SMK NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102416027 - Harrin Pramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran terus mengalami perkembangan dan kemajuan beriringan dengan perkembangan teknologi yang modern, seperti halnya dengan dunia pendidikan dalam pengembangan sebuah media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada tingkat pendidikan menengah kejuruan. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang diberikan kepada siswa. Dengan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti di Jurusan Multimedia SMK Negeri 8 Semarang diketahui bahwa proses pembelajaran pada sekolah tersebut sudah menggunakan media pembelajaran namun kemasan konten visual yang kurang menarik sehingga berdampak pada ketidak pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan dan keefektifan media pembelajaran grafis konten Instagram dasar-dasar fotografi di SMK Negeri 8 Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 8 Semarang. Metode penelitian dan pengembangan media menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengambilan data menggunakan tes dengan desain eksperimen pretest posttest one group design. Hasil penelitian pengembangan media grafis konten Instagram dasar�dasar fotografi dari uji kelayakan media oleh dua ahli media memperoleh hasil dengan kriteria sangat baik pada semua aspek yaitu aspek desain tampilan, aspek konten, aspek pengalaman penggunaan, aspek materi dengan rata-rata prosentase sebesar 96.65%. Sedangkan dari hasil uji kelayakan oleh dua ahli materi memperoleh hasil dengan kriteria baik pada semua aspek yaitu aspek panduan informasi dan aspek konten materi dengan rata-rata presentase 76.25%. Dari hasil uji t diperoleh Thitung 0,8251 yang lebih besar dari Ttabel yaitu 0,173. Thitung > Ttabel, berarti terdapat perbedaan rerata antara nilai pretest dan rata-rata nilai posttest maka terima Ha dan tolak Ho. Sedangkan Hasil keefektifan dengan uji n-gain memperoleh skor 0,66 atau 66% maka gain score berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 atau 30% ≤ g ≤ 70% atau masuk kedalam kategori sedang, maka Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media grafis konten Instagram dasar-dasar fotografi layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan pembelajaran siswa kelas XI Jurusan Multimedia pada materi fotografi di SMK Negeri 8 Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Grafis, Instagram, Dasar-dasar Fotografi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:36
Last Modified: 01 Sep 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51783

Actions (login required)

View Item View Item