PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 BLORA


Desya Rosma Lofa Putri Alfatih, 5101417004 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101417004 Skripsi - Desya Rosma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Posisi pendidikan Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara tetangga yaitu Australia, Malaysia dan Singapura. Salah satu cara memperoleh pengetahuan dengan optimal adalah melalui pendidikan. Saat ini di Indonesia dan Dunia tengah terjadi pandemi oleh virus corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19 sehingga mengakibatkan perubahan model belajar menjadi pembelajaran jarak jauh. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal terdapat berbagai faktor, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, tingkat hasil belajar siswa dan tingkat pengaruh motivasi belajar siswa jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti kelas XI di SMKN 1 Blora terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian termasuk jenis deskriptif dengan metode kuantitatif. Langkah penelitian terdiri (1) Tahap Identifikasi, (2) Pembuatan Kuesioner, (3) Uji Coba Validitas dan Reliabilitas, (4) Penyebaran Kuesioner, (5) Pengolahan Data, (6) Analisis Data dan (7) Kesimpulan dan Saran. Analisa menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan menguji pengaruh hasil uji kuesioner dihubungkan dengan hasil nilai ulangan harian siswa. Hasil analisa deskriptif untuk Motivasi Belajar didapatkan pada kategori sangat kurang 6,3 % siswa, siswa pada kategori kurang 18,9%, 31,6% siswa pada kategori cukup, 6,3 % siswa pada kategori sangat baik dan jumlah siswa terbanyak terletak pada kategori motivasi belajar yang baik sejumlah 29 siswa atau 36,7 %. Sedangkan Hasil Belajar siswa diketahui pada kategori sangat baik sebanyak 11,4% dan untuk jumlah siswa terbanyak terletak pada kategori baik 88,6% sebanyak 70 siswa. Hasil Analisa Hipotesis yaitu nilai r hitung 0,751 yang berarti hubungan antar variabel pada kategori kuat, sedangkan besaran koefisien dari nilai t hitung sebesar 9,977 dengan tingkat signifikansi 5% dengan nilai t tabel 1,994. Nilai R Square atau tingkat pengaruh antar variabel sebesar 56,4%. Berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Estimasi Biaya Kontruksi dan Properti Kelas XI SMKN 1 Blora dalam Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Regresi Linier Sederhana
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:27
Last Modified: 01 Sep 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51780

Actions (login required)

View Item View Item