Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dalam Menerapkan Project-Based Learning Terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa di SMK Negeri 1 Semarang


Jevi Tantimarlina Vraniastuti, 1102415062 (2021) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas dalam Menerapkan Project-Based Learning Terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa di SMK Negeri 1 Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102415062 - Jevi Tantimarlina Vraniastuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Guru Mengelola Kelas, Hasil Uji Kompetensi Peserta Didik. Dalam pelaksanaan pendidikan, selain kemampuan guru dalam mengelola kelas, gaya kepemimpinan kepala sekolah juga memiliki peranan yang cukup signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan kepemimpinan yang efektif mampu memberikan pengaruh pada tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil uji kompetensi siswa di SMK Negeri 1 Semarang, (2) mengetahui sebarapa besar pengaruh kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil uji kompetensi siswa SMK Negeri 1 Semarang, (3) mengetahu perbedaan pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajran project-based learning terhadap hasil uji kompetensi siswa SMK Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 35 orang peserta didik program studi PSPT kelas XII, 3 guru dan kepala sekolah. Sementara untuk uji hipotesis digunakan tekhnik analysis regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil uji kompetensi siswa dengan signifikansi t sebesar 0,021 < 0,05. (2) ada pengaruh kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project�based learning terhadap hasil uji kompetensi siswa dengan signifikansi t sebesar 0,00 < 0,05. (3) ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil uji kompetensi siswa dengan signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05 dengan presentase 58%. Hasil signifikansi F dalam uji Anova yang dilakukan diketahui besaran F sebesar 0,000 sehingga diketahui bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning berpengaruh terhadap hasil uji kompetensi siswa. Semakin baik kualitas gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning, maka semakin baik pula prestasi belajar siswa. Oleh karena itu agar prestasi belajar siswa dapat meningkat, maka gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kemampuan guru mengelola kelas dalam menerapkan model pembelajaran project-based learning harus dilaksanakan dengan optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:14
Last Modified: 01 Sep 2022 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51779

Actions (login required)

View Item View Item