Tingkat Pengetahuan dan Sikap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Teknik Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan Pada Praktik Bangunan Siswa di SMK Negeri 1 Magelang


Muhamad Gandha Maulana, 5101414020 (2021) Tingkat Pengetahuan dan Sikap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Teknik Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan Pada Praktik Bangunan Siswa di SMK Negeri 1 Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101414020 - Gandha Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Penerapan K3 harus meliputi beberapa unsur yang tercantum pada peraturan perundangan No. 1 tahun 1970 Pasal 3. Perlu adanya komitmen dari pimpinan dan pekerja agar semua unsur K3 diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap (K3) Teknik Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan pada praktik bangunan siswa di SMK Negeri 1 Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui tes dan angket (checklist). Kemudian secara deskriptif dijelaskan tentang tingkat K3 di SMK Negeri 1 Magelang, berdasarkan hasil pengolahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Tingkat pengetahuan dan sikap K3 Teknik Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan Pada Praktik Bangunan Siswa di SMK Negeri 1 Magelang pada kategori baik dengan capaian angka 58% di pengetahuan K3 dan 66% untuk sikap K3. Hal ini ditandai dengan hasil perolehan data sesuai tes dan angket (checklist) yang menyatakan bahwa tingkat pengetahuan siswa tentang K3 dan tingkat sikap siswa tentang K3 memperoleh hasil baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan dan Sikap Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:15
Last Modified: 01 Sep 2022 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51776

Actions (login required)

View Item View Item