KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD NEGERI CIREMAI GIRI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON


Andy Ramadhan, 1102415032 (2021) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD NEGERI CIREMAI GIRI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102415032 - andy ramadhan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perkembangan pribadi manusia terlebih di era milenial seperti saat ini. Diungkapkan oleh Abdullah (2012:7) pendidikan merupakan pembentukan kepribadian manusia yang utama dan ideal melalui bimbingan secara sadar dan terarah yang diberikan oleh pendidik terhadap perkembangan peserta didik. Menurut Undang-undangNomor 20 tahun 2003 “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi untuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.Pendidikan yang berkualitas harus diimbangi dengan pendidik atau guru yang profesional, guru dalam bidang pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Guru bertugas mendesain pembelajaran serta mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik sehingga tercipta output yaitu lulusan yang memiliki sumber daya yang berkualitas. Guru profesional merupakan seorang pendidik memiliki kompetensi-kompetensi seorang guru dan memiliki dedikasi penuh terhadap profesinya. Berdasarkan0hasil penelitian00dari pembahasan00yang sudah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa00persepi keterampilan0guru dalam pembelajaran0di abad 21 sudah terimplementasikan00dengan baik dimana kerterampilan dasar00dalam melakukan00pembelajaran sudah sepenuhnya terlaksana00dimulai dari kegiatan00pembuka dengan melalukan pembiasaan00dengan literasi dan0meningkatkan motivasi, keterampilan000dalam mengadakan00variasi dalam pembelajaran dikolaborasikan0dengan media00yang menggunakan tekhnologi0serta metode yang memancing0siswa untuk0berfikir kritis, kreatif, kolaboratif serta dapat0memecahkan masalah0sendiri. Dan keterampilan dalam menutup0pelajaran dimana0terdapat peninjauan kembali materi,0memberikan umpan balik, melakukan0evaluasi, tindak lanjut dan ditutup dengan kembali0memotivasi siswa. viii Berdasarkan hasil0penelitian yang0didapatkan0oleh peneliti,0terdapat saran yang diharapkan0dapat0bermanfaat dalam0pengembangan0implementasi kinerja0dan keterampilan0guru di Abad021 diantaranya yaitu : a. Bagi pihak0sekolah fasilitas0perlu ditingkatkan lagi untuk0 mendukung proses pembelajaran 0sehingga kinerja0guru0dapat terimplementasikan0dengan0baik. b. Perlu adanya0peningkatan kompetensi guru0melalui workshop, seminar,0pelatihan mengenai00perkembangan0pendidikan,0kurikulum serta tekhnologi untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki guru dan menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan guru-guru yang belum menerapkan pembelajaran abad 21 bisa mengikuti dan mulai menerapkan cara belajar di era yang sudah modern ini. c. Perlu adanya sosialisasi kepada orangtua siswa baik setiap tahun ajaran atau tiap semester untuk menginformasikan mengenai pembelajaran di Abad 21, perencanaan dan program-program yang dilaksanakan oleh sekolah d. Penambahan buku untuk kegiatan0literasi diperlukan0untuk menambah wawasan siswa dan0membentuk siswa0yang lebih0berkarakter sesuai dengan tujuan pembelajara0 di0Abad 21

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pembelajaran Guru abad 21 di SD di SD Negeri Ciremai Giri Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:52
Last Modified: 01 Sep 2022 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51774

Actions (login required)

View Item View Item