PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OIDDE DAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA


Halim Muhtaromi, 1102414029 (2021) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OIDDE DAN TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102414029 - Halim Muhtaromi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan variasi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini disebabkan Model pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 2 Kudus cenderung konvensional. Kondisi di lapangan juga menunjukkan kurang aktifnya guru dalam menggunakan model dan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran OIDDE dan TSTS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP 2 Kudus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Adapun kelas terpilih sebagai penelitian adalah kelas VII F dan VII G. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji perbandingan dua rata-rata (Uji-T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran OIDDE dengan model pembelajaran TSTS. Ini dibuktikan dengan perhitungan uji-t menggunakan SPSS versi 16 menunjukkan nilai sig. (2-tailed) data posttest adalah 0,000, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar nilai posttest siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan. Saran untuk menindaklanjuti penelitian ini yaitu pada saat pelaksanaan proses pembelajaran, guru dapat menjadikan Model pembelajaran OIDDE sebagai alternatif pilihan dalam menerapkan model pembelajaan di dalam kelas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model OIDDE, Model TSTS, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:50
Last Modified: 01 Sep 2022 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51765

Actions (login required)

View Item View Item