PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BIOLOGI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA/MA


Linda Kusuma Dewi, 4401417076 (2021) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BIOLOGI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BIOLOGI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA/MA] PDF (PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BIOLOGI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA/MA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatar belakagi oleh adanya revolusi pendidikan 4.0 dan pembelajaran jarak jauh. Revolusi pendidikan 4.0 mengimplementasikan pemanfaatan pembelajaran berbasis teknologi. Hal tersebut sangat berkaitan dengan kebijakan pemerintah untuk menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Dibutuhkan inovasi dan variasi media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri yang fleksibel, mampu memberikan motivasi dan daya tarik untuk peserta didik agar mendapatkan pengetahuan mendalam terkait dengan materi yang pendidik berikan. Media komik digital dikembangan sebagai solusi dari masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas dan menguji kepraktisan media komik digital biologi pada materi perubahan lingkungan untuk tingkat SMA/MA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kajen, menggunakan metode modifikasi sugiyono (2015) research and development. Uji skala kecil dilakukan terhadap 28 peserta didik dengan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket yang dianalisis secara kuantitaif dan kualitatif. Hasil dari validitas ahli media mendapatkan nilai sangat valid 94.1% dan ahli materi mendapatkan nilai valid 78.5%. Hasil dari uji kepraktisan dan tanggapan peserta didik masing-masing memperoleh nilai rata-rata 86.74% dan 94.2% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa media komik digital layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan. Terutama pada pembelajaran jarak jauh untuk mendukung pembelajaran mandiri peserta didik. Penelitian ini memiliki keterbatasan diantaranya keterbatasan sampel responden, keterbatasan waktu dan biaya dan pembelajaran jarak jauh. Dari hal tersebut, diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat memperhatikan dan melakukan perbaikan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Revolusi pendidikan 4.0, pembelajaran jarak jauh, komik digital biologi, perubahan lingkungan
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:20
Last Modified: 31 Aug 2022 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51760

Actions (login required)

View Item View Item