PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PBL DENGAN KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN SISWA


Rike Aristina, 4401417014 (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PBL DENGAN KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PBL DENGAN KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN SISWA] PDF (PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PBL DENGAN KONTEKS ISU SOSIOSAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Modul merupakan sumber belajar yang dikhususkan untuk memfasilitasi siswa dalam belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan modul sistem pernapasan, menguji kelayakan dan kepraktisannya, serta menganalisis potensi modul dalam melatihkan kemampuan literasi sains dan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation.. Uji kelayaan modul dilakukan melalui expert-judgment oleh ahli dan uji keterbacaan modul. Kepraktisan modul diukur dari tanggapan siswa dan guru biologi. Potensi modul dalam melatihkan literasi sains dan kemandirian siswa diperoleh dari hasil tes formatif dan observasi kemandirian siswa, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan modul menurut ahli materi dan media berturut-turut sebesar 71,67% dan 78,12% (kategori layak). Keterbacaan modul menurut siswa sebesar 79% (kriteria layak). Tingkat kepraktisan modul menurut siswa dan guru berturut-turut sebesar 82,27% dan 96,15% (kriteria sangat praktis). Hasil tes formatif dan observasi kemandirian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa kelas eksperimen mencapai 61,46% dan untuk siswa kelas kontrol hanya 52,53%. Rata-rata kemandirian siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 61,84% dan 53,14% . Hal ini menunjukkan bahwa modul memiliki potensi yang cukup baik untuk melatihkan kemampuan literasi sains dan kemandirian siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul materi sistem pernapasan layak dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran, serta pontensial untuk melatihkan kemampuan literasi sains dan kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, PBL, isu sosiosaintifik, literasi sains, kemandirian belajar
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 08:05
Last Modified: 31 Aug 2022 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51756

Actions (login required)

View Item View Item