PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN QUIZ KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI


Astri Rahayuningtiyas, 4401416102 (2021) PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN QUIZ KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN QUIZ KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI] PDF (PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN QUIZ KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa dengan penerapan perangkat pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) dengan Quiz Kahoot pada materi Sistem Reproduksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan tipe One-Shot Case Study. Sampel yang digunakan adalah 15 siswa dari kelas XI MIPA 1 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan uji N-gain dan uji-t atau uji perbedaan dua rata-rata. Hasil uji N-gain 15 siswa kelas XI MIPA 1 yaitu 0,4 dengan kriteria sedang. Hasil analisis uji-t atau uji perbedaan dua rata-rata didapatkan nilai sig. 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Selain itu juga adanya peningkatan kolaborasi siswa yang didapatkan dari data tahap observasi dan tahap uji coba. Hal ini didukung dengan adanya hasil tanggapan siswa terkait penerapan perangkat pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) dengan Quiz Kahoot didapatkan rata-rata skor siswa 84.17 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT) dengan Quiz Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa baik digunakan di SMA PGRI 02 Kayen Pati.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), quiz kahoot, hasil belajar, keterampilan kolaborasi
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:58
Last Modified: 31 Aug 2022 07:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51754

Actions (login required)

View Item View Item