PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM IMUN UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA


Amalina Atikah, 4401416005 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM IMUN UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM IMUN UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM IMUN UNTUK MELATIH PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan bahan ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa untuk melengkapi bahan ajar yang telah tersedia di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar sistem imun untuk melatih pemahaman konsep siswa SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE. Sampel dari penelitian ini terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2 dan XI MIPA 4 SMAN 10 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi, angket tanggapan, dan soal pemahaman konsep. Bahan ajar ini dikatakan layak apabila mencapai skor validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi guru, tanggapan guru, dan tanggapan siswa ≥51%. Siswa dikatakan memiliki pemahaman konsep materi sistem imun yang baik jika total rata-rata skor ≥70 dan ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang disusun termasuk kriteria sangat layak (validasi media 78,65%, validasi materi 90,22%, validasi guru 93,9%, tanggapan guru 98%, tanggapan siswa 81,13%). Hasil uji pemahaman konsep siswa setelah menggunakan bahan ajar didapatkan ketuntasan belajar klasikal 86,1% dengan total rata-rata skor 74,5. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar sistem imun sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi dan dapat digunakan untuk melatih pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Kelayakan, Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:47
Last Modified: 31 Aug 2022 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51751

Actions (login required)

View Item View Item