FORMULASI KOMBINASI ALFA PINENA DAN SERAI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI SPRAY ANTINYAMUK Aedes aegypti PENYEBAB DBD


Muhammad Mu’min Jamil, 4311416041 (2021) FORMULASI KOMBINASI ALFA PINENA DAN SERAI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI SPRAY ANTINYAMUK Aedes aegypti PENYEBAB DBD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FORMULASI KOMBINASI ALFA PINENA DAN SERAI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI SPRAY ANTINYAMUK Aedes aegypti PENYEBAB DBD] PDF (FORMULASI KOMBINASI ALFA PINENA DAN SERAI (Cymbopogon nardus) SEBAGAI SPRAY ANTINYAMUK Aedes aegypti PENYEBAB DBD) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy

Abstract

Penyakit DBD masih menjadi endemis terbesar di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini masih menjadi masalah bagi masyarakat. Banyak penelitian yang menggunakan bahan dasar minyak atsiri namun belum maksimal. Maka dari itu perlu adanya suatu inovasi penelitian. Penelitian ini berbahan dasar minyak atsiri yaitu pinena dan minyak serai. Bahan alami tersebut sangat berlimpah di alam dan sebagian besar digunakan sebagai insektisida. Tujuan pokok penelitian ini adalah menganalisa perbandingan konsentrasi larutan yang tepat untuk membuat spray antinyamuk dan efektivitasnya dari bahan aktif alfa pinena dan minyak serai. Hasil akhir penelitian ini adalah produk spray yang telah diuji kualitasnya. Karakterisasi bahan aktif meliputi FTIR, GC, dan GCMS. Formulasi spray antinyamuk dibuat dengan perbandingan rasio bahan aktif alfa pinena : minyak serai yaitu 1:1;1:2; 1:3; 2:1; dan 3:1. Volume formulasi yaitu 500 mL. Masing-masing formulasi diuji stabilitas, uji kontrol kualitas dan analisis data berupa uji produk spray. Hasil terbaik yaitu pada perbandingan konsentrasi larutan 1:2 dengan efektivitas bunuh nyamuk sebanyak 13 dari 20 nyamuk atau sebesar 65 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DBD, nyamuk, pinena, serai, spray
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:40
Last Modified: 31 Aug 2022 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51750

Actions (login required)

View Item View Item