PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE BERMUATAN HIGH ORDER THINKING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Nova Lestriyani, 4301417005 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE BERMUATAN HIGH ORDER THINKING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE BERMUATAN HIGH ORDER THINKING MATERI KESETIMBANGAN KIMIA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu jenis tes diagnostik yang digunakan untuk mendiagnosis pemahaman konsep siswa adalah tes diagnostik three tier multiple choice. Hasil observasi di beberapa sekolah, ketersediaan instrumen tes jenis ini masih sangat terbatas, bahkan sebagian besar sekolah tidak pernah menggunakan instrumen tes diagnostik jenis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik three tier multiple choice bermuatan high order thinking yang layak, valid, reliabel, dan praktis serta dapat mendiagnosis pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII IPA SMA Negeri di Cilimus Kabupaten Kuningan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kajian pustaka, dan wawancara. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini terdiri atas lembar angket validasi, lembar angket tanggapan siswa dan guru, serta instrumen tes diagnostik three tier multiple choice bermuatan HOT. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri atas analisis data hasil validasi, analisis kelayakan produk, analisis validitas butir soal, analisis estimasi reliabilitas instrumen, analisis daya pembeda, analisis tingkat kesukaran, serta analisis data angket tanggapan siswa dan tanggapan guru. Bedasarkan hasil analisis data validasi pakar, diperoleh skor 34 dengan kategori valid untuk validator 1 dan diperoleh skor 40 dengan kategori sangat valid untuk validator 2. Rerata skor dari kedua validator yaitu 37 dari skor total 44, dengan kategori instrumen tes diagnostik yang dikembangkan sangat valid. Hasil penelitian ini yaitu diperoleh 27 butir soal valid dengan reliabilitas pada masing-masing uji coba skala kecil, skala besar, dan implementasi, berturut-turut yaitu 0,875; 0,883; dan 0,897. Profil pemahaman konsep siswa secara keseluruhan menunjukkan siswa dengan kategori paham konsep 22,52%, miskonsepsi 45,76%, untung-untungan 3,71%, kurang paham 13,24%, dan tidak paham 14,76%. Siswa dan guru memberikan respon positif terhadap instrumen tes yang dikembangkan. Hal ini berdasarkan hasil angket tanggapan siswa diperoleh 29,33% dengan kategori sangat praktis dan 70,67% dengan kategori praktis, serta diperoleh skor angket tanggapan guru 51 dari skor total 60 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes diagnostik three tier multiple choice bermuatan high order thinking yang dikembangkan layak, valid, reliabel, dan praktis serta dapat mendiagnosis pemahaman konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | High Order Thinking; Kesetimbangan Kimia; Pemahaman Konsep; Three Tier Multiple Choice |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 07:33 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 07:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51748 |
Actions (login required)
View Item |