PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS I-SETS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA


Siti Munazilah, 4201416065 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS I-SETS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS I-SETS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS I-SETS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan bahan ajar tematik berbasis I-SETS dapat menjadi alternatif penyelesaian dari permasalahan sumber belajar yang lebih mengarahkan peserta didik sekadar menyelesaikan materi pelajaran, tanpa mengetahui implementasi materi pelajaran yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Bahan ajar berfokus pada tema hujan yang dikupas melalui pendekatan I-SETS yaitu suatu pendekatan dari sisi Islam, sains, lingkungan, teknologi, dan sosial peserta didik diajak untuk membahas sesuatu yang lebih dekat, nyata, mudah dipahami, terpadu, dan mendorong peserta didik dalam pengaplikasian materi pelajaran melalui peningkatan karakter kepedulian terhadap lingkungan, kepedulian terhadap sesama, serta menambah rasa syukur. Hal ini sejalan dengan program penguatan karakter dari pemerintah serta sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berilmu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, kelayakan, dan peningkatan karakter peserta didik setelah menggunakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan bentuk One Group Pretest-Post-test Design. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan hasil tes serta teknik analisis data berupa kuantitatif deskriptif. Uji coba awal dilaksanakan di MTs NU Ungaran kelas VII C, sedangkan penelitian penerapan bahan ajar yang telah dikembangkan dilakukan di sekolah yang sama pada kelas VII B. Bahan ajar yang dikembangkan mengupas fenomena hujan berdasarkan ilmu fisika, kimia, dan biologi (science), membahas dampak hujan terhadap lingkungan (environment) yang dipelajari dan diantisipasi melalui teknologi (technology) supaya bermanfaat bagi masyarakat (society) tanpa merusak alam, berpadu dengan ayat-ayat Al Quran dan hadits mengenai hujan (Islamic) sehingga diperoleh bahan ajar integratif yang diharapkan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Karakteristik ini didukung dengan hasil validasi kelayakan bahan ajar sebesar 86,58% pada kriteria sangat layak. Hasil keterbacaan mencapai persentase sebesar 53,20% pada kategori sesuai bagi peserta didik. Hasil analisis penerapan bahan ajar menunjukkan bahwa belum nampak pengaruh bahan ajar terhadap perkembangan karakter dan kemampuan berpikir terpadu yang didasarkan pada perolehan uji N-gain sebesar 0,169 dari hasil angket karakter, 0,218 dari hasil observasi karakter dan 0,085 untuk nilai pretest ke posttest. Hal ini dikarenakan hambatan, keterbatasan fasilitas saat pembelajaran online serta karakter belum dapat terbentuk dengan jumlah tatap muka yang terbatas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, tematik, I-SETS, karakter
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:16
Last Modified: 31 Aug 2022 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51746

Actions (login required)

View Item View Item