PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Eriza Fitri, 4101417024 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Solok Selatan, bahan ajar yang digunakan berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) yang memuat ringkasan materi dan rumus-rumus praktis untuk menjawab persoalan tanpa dilengkapi dengan masalah-masalah yang mampu mengaitkan kemampuan siswa dengan aspek lain. Guru juga menyampikan bahwa siswa masih kesulitan untuk mengungkapkan ide-ide matematisnya. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangan bahan ajar matematika bernuansa STEM untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar memenuhi kesesuaian karakteristik. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 87, 68 %. Hasil uji keterbacaan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 76 % dengan kriteria mudah dipahami. Hasil analisis pretest dan posttest setelah diberikan bahan ajar dalam pembelajaran dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditandai dengan meningkatnya hasil uji N-Gain sebesar 0,66 pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:01
Last Modified: 31 Aug 2022 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51744

Actions (login required)

View Item View Item