IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MELALUI FILM DOKUMENTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS (KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO)


Evia Rizqi Karima, 3601417029 (2021) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MELALUI FILM DOKUMENTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS (KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MELALUI FILM DOKUMENTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS (KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO)] PDF (IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MELALUI FILM DOKUMENTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS (KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tahap pembelajaran gerakan literasi sekolah mengintegrasikan literasi dengan proses belajar mengajar di seluruh mata pelajaran. SMP Negeri 2 Grogol menerapkan Gerakan literasi sekolah selama tiga tahun berjalan dan telah menguatkan literasi digital dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan literasi digital melalui film dokumenter dalam pembelajaran IPS, mengetahui pelaksanaan literasi digtal melalui film dokumenter dalam pembelajaran IPS, mengetahui evaluasi pelaksanaan literasi digital melalui film dokumenter dalam pembelajaran IPS, dan mengidentifikasi kendala-kendala pelaksanaan literasi digital melalui film dokumenter dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian perencanaan pembelajaran IPS literasi digital melalui film dokumenter SMP Negeri 2 Grogol sangat baik, dapat dilihat dari guru menyusun RPP sesuai dengan kompetensi dasar, dan mengeksplisitkan literasi digital dalam langkah-langkah pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran IPS literasi digital melalui film dokumenter berjalan sangat baik, dapat dilihat dari proses belajar mengajar pembukaan, inti, dan penutup menggunakan model pembelajaran problem based learning metode presentasi. Evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui film dokumenter, peserta didik sangat antusias dan aktif mengikuti pembelajaran di zoom. Kendala pelaksanaan pembelajaran IPS literasi digital melalui film dokumenter, meliputi, speaker laptop guru yang tidak bisa terhubung dengan zoom, sinyal internet peserta didik yang hilang timbul, dan peserta didik kehabisan kuota saat zoom berlangsung, Saran dari penulis, bagi sekolah yaitu untuk selalu mengoptimalkan literasi digital dalam pembelajaran dan memberi dorongan kepada guru. Bagi guru yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS literasi digital melalui film dokumenter. Bagi peserta didik yaitu untuk meningkatkan literasi digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Film Dokumenter, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:34
Last Modified: 31 Aug 2022 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51739

Actions (login required)

View Item View Item