IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP N 30 SEMARANG


Muhammad Lutfi, 3601416017 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP N 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP N 30 SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP N 30 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SMP Negeri 30 Semarang merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Semarang; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2020. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru IPS, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Semarang diawali dengan perencanaan tujuan, materi, media, metode dan evaluasi yang akan digunakan. Pelaksanaan pembelajaran bersifat terbuka, demokratis, berpusat pada peserta didik yang menekankan pada kesetaraan dan keadilan peserta didik serta menghargai masing-masing individu. Metode pembelajaran yang bervariasi walaupun media yang digunakan belum bervariasi. Guru menanamkan pemahaman dan sikap multikultural terhadap keragaman. Evaluasi pembelajaran mengarah pada kognitif, efektif dan psikomotorik dengan menggunakan teknik evaluasi yang bervariasi. Menggunakan instrumen sendiri dalam menilai sikap multikultural. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Semarang yaitu lingkungan dan iklim sekolah, materi dan metode pembelajaran, progam dan kegiatan sekolah, ekstrakurikuler (bakat dan minat), serta keasadaran peserta didik. Faktor penghambat dalam implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 30 Semarang yaitu keterbatasan materi IPS tentang keragaman, keterbatasan media tentang keragaman, masih terdapat beberapa peserta didik yang mengejek temannya, minimnya papan-papan maupun tulisan tentang keragaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Multikultural, Pembelajaran Berbasis Pendidikan Multikultural, IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:27
Last Modified: 31 Aug 2022 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51738

Actions (login required)

View Item View Item