LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG


Juel ‘Akmi Eduarsa, 3401416063 (2021) LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG] PDF (LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi Industri 4.0 membawa perubahan yang sangat pesat terhadap peradaban masyarakat, salah satunya berdampak pada dunia pendidikan. Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, lembaga pendidikan mulai beralih dari yang sebelumnya menggunakan sistem konvensional akan beralih menjadi sistem yang serba digital yaitu dengan menerapkan kebijakan literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kebijakan literasi digital yang dilaksanakan pada PL Don Bosko Semarang, 2) mengetahui implementasi kebijakan literasi digital terhadap mata pelajaran sosiologi di SMA PL Don Bosko Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan di SMA PL Don Bosko Semarang. Subjek penelitian ini adalah warga SMA PL Don Bosko Semarang yang terkait dengan penerapan literasi digital dalam pembelajaran sosiologi. Informan berjumlah 12 orang yang terdiri dari informan utama yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru, serta informan pendukung yaitu guru sosiologi dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data mencakup pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Teknik Triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kebijakan literasi digital di SMA PL Don Bosko Semarang berdasarkan pada konsep yang dikemukakan oleh Mayes dan Fowler (2006) dalam Kemendikbud (2017), yaitu terdapat tiga tingkatan yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Pada tingkatan pertama, literasi digital diselenggarakan dengan melakukan pelatihan. Pada tingkatan kedua, penggunaan digital yang merujuk pada pengaplikasian dalam menjalankan tugas. Pada tingkatan ketiga, mampu berinovasi dalam menggunakan teknologi digital. 2) Guru mengimplementasikan literasi digital dalam pembelajaran sosiologi yaitu dengan mengajak para siswanya bergabung melalui aplikasi online, kemudian guru mempresentasikan materi globalisasi, memberikan kesempatan bertanya atau berdiskusi. 3) implementasi literasi digital dalam pembelajaran sosiologi berjalan dengan cukup optimal, guru yang sebelumnya menerapkan sistem pembelajaran konvensional kini beralih menjadi lebih dapat mengembangkan inovasinya dengan menerapkan literasi digital dalam dunia pendidikan. Saran yang dapat disampaikan yaitu pihak sekolah hendaknya mengupayakan dalam memberikan fasilitas tambahan berupa perangkat yang lebih memadai sehingga lebih sedikit kemungkinan untuk mengalami kesulitan dalam literasi digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pembelajaran, Sosiologi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:19
Last Modified: 31 Aug 2022 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51736

Actions (login required)

View Item View Item