DINAMIKA BURUH TANI PADA PERTANIAN TEMBAKAU DI DESA CANDIYASAN KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO


Ahmad Soleh, 3401416047 (2021) DINAMIKA BURUH TANI PADA PERTANIAN TEMBAKAU DI DESA CANDIYASAN KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DINAMIKA BURUH TANI PADA PERTANIAN TEMBAKAU DI DESA CANDIYASAN KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO] PDF (DINAMIKA BURUH TANI PADA PERTANIAN TEMBAKAU DI DESA CANDIYASAN KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena buruh musiman pada saat panen tembakau. Masyarakat Desa Candiyasan meninggalkan pekerjaannya untuk bisa bekerja sebagai buruh mbako. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) sistem kerja buruh tani tembakau di Desa Candiyasan; (2) hubungan sosial ekonomi buruh tani yang terjalin; (3) keberlangsungan hidup buruh tani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dilakukan menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Lokasi penelitian di lakukan di Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sistem kerja buruh tani tembakau di Desa Candiyasan diterapkan guna mencapai target yang ditentukan oleh pengepul (2) adanya hubungan yang terjalin antara buruh dengan pengepul baik dalam segi ekonomi maupun kekerabatan; (3) buruh mengalami dinamika dalam memilih sebagai mburuh mbako untuk keberlangsungan hidup dan pemenuhan kebutuhan ekonominya. Saran yang diajukan penulis dari penelitian ini adalah (1) diperlukan kerjasama antara pemerintah desa dan kelompok tani untuk memperbaiki peraturan dalam sistem kerja di Desa Candiyasan; (2) perlunya membuat kelompok buruh tani di Desa Candiyasan agar bisa menampung masukan; (3) perlu adanya pelatihan SDM buruh agar memiliki keterampilan di bidang selain buruh tani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Buruh Tani, Tembakau
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:42
Last Modified: 31 Aug 2022 04:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51732

Actions (login required)

View Item View Item