PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KARANGDUWUR DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN


Praba Wandira, 3312416031 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KARANGDUWUR DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KARANGDUWUR DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN] PDF (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KARANGDUWUR DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi wisata setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Proses dalam pengembangan potensi tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila dikelola dan dikembangkan dengan baik. Hal tersebut dapat diupayakan dengan memberdayakan masyarakat setempat guna mengelola, menjaga, dan melestarikan potensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan potensi wisata Pantai Menganti Kebumen dan untuk mengetahui kebijakan yang diterapkan pemerintah desa dalam pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan sejak awal penerencanaan pembangunan. Pemberdayaan dilakukan berdasarkan tujuh tahapan yang meliputi tahap persiapan, tahap pengkajian (assessment), tahap perencanaan alternatif program atau kegiatan, tahap performalisasi rencana aksi, tahap pelaksanaan (implementasi) program atau kegiatan, tahap evaluasi, dan tahap terminasi. (2) Pemberdayaan dilaksanakan dengan kerjasama antara Pemerintah Desa Karangduwur dengan LMDH selaku pengelola objek wisata Pantai Menganti. Bentuk kerjasama tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 9 Tahun 2007 tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan. Penerapan kebijakan ini dinilai berdasarkan 5 variabel yakni: standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas, karakteristik agen pelaksana, kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Saran dari penelitian ini yaitu: (1) Kepada pemerintah desa untuk lebih mengontrol jalannya penyelenggaraan objek wisata Pantai Menganti; (2) Kepada pengelola untuk meningkatkan intensitas rapat evaluasi yang melibatkan masyarakat; (3) Kepada masyarakat lebih berani dalam mengeluarkan gagasan atau ide baik di perencanaan, pelaksaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Potensi Wisata, Pantai Menganti
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:30
Last Modified: 31 Aug 2022 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51731

Actions (login required)

View Item View Item