PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN DPIB SMKN 4 SEMARANG
Almira Jihan Shabrina, 5101417005 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN DPIB SMKN 4 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK JURUSAN DPIB SMKN 4 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan langkah dasar individu dalam mengembangkan segala potensi yang ada pada diri. Serangan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung membaik, sehingga tercetuslah pelaksanaan pembelajaran secara daring. Agar terpenuhi hasil belajar maksimal, terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi, salah duanya adalah lingkungan keluarga sebagai faktor eksternal dan minat belajar sebagai faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan kelas X di SMKN 4 Semarang pada mata pelajaran gambar teknik. Desain penelitian yang dipakai adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Prosedurnya adalah (1) Tahap Identifikasi; (2) Penyusunan Instrumen; (3) Uji Validitas Dan Reliabilita; (4) Sebar Kuesioner; (5) Analisis Data; (7) Kesimpulan Dan Saran. Analisa hipotesis memakai Uji Regresi Linear Sederhana dan Berganda melalui hasil kuesioner disandingkan dengan hasil Ujian Tengah Semester genap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Gambar Teknik dengan nilai koefisien korelasi 0,756 > 0,2146; (2) minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Gambar Teknik dengan nilai koefisien korelasi 0,743 > 0,2146; (3) lingkungan keluarga dan minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar Gambar Teknik dengan nilai koefisien korelasi 0,895 > 0,2146. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan adanya pengaruh antara: (1) lingkungan keluarga terhadap hasil belajar Gambar Teknik; (2) minat belajar terhadap hasil belajar Gambar Teknik; (3) lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar Gambar Teknik. Meninjau dari kesimpulan di atas, hal ini berkaitan dengan hendaknya orang tua menciptakan suasana rumah yang kondusif dan cara didik yang suportif agar mendukung minat siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring mata pelajaran Gambar Teknik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Regresi Linear, Belajar, Gambar Teknik, Lingkungan Keluarga, Minat |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 03:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 03:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51721 |
Actions (login required)
View Item |