PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PEMBELAJARAN TEMBANG KINANTHI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN PARAGRAF UNTUK SISWA KELAS XII SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Ani Safitri, 2601416032 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PEMBELAJARAN TEMBANG KINANTHI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN PARAGRAF UNTUK SISWA KELAS XII SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PEMBELAJARAN TEMBANG KINANTHI DENGAN TEKNIK PENGEMBANGAN PARAGRAF UNTUK SISWA KELAS XII SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknolologi informasi saat ini mendorong peserta didik untuk belajar secara mandiri. Potensi peserta didik untuk belajar secara mandiri ini berpeluang untuk melakukan pengembangan bahan ajar yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik mempelajari materi pembelajaran. Pengembangan bahan ajardalam penelitian ini berupa pengembangan Lembar Kerja Siswa materi Tembang Kinanthi. Observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasa Jawa dan peserta didik kelas XII di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang menghasilkan data kebutuhan guru dan peserta didik terhadap Lembar Kerja Siswa materi Tembang Kinanthi. Berdasarkan data kebutuhan tersebut dilakukan pengembangan Lembar Kerja Siswa materi Tembang Kinanthi sebagai pendamping bahan ajar utama yang telah digunakan. Tujuan pokok penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa, 2) mewujudkan prototipe pengembangan Lembar Kerja Siswa, dan 3) mendeskripsikan hasil uji validasi pengembangan Lembar Kerja Siswa. Penelitian ini bersifat deskriptif- kualitatif dengan peserta didik kelas XII dan guru mata pelajaran bahasa Jawa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang sebagai subjek penelitian. Objek penelitian ini adalah kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa materi Tembang Kinanthi. Metodologi penelitian ini adalah Research and Development dengan melalui lima langkah yaitu, 1) menemukan potensi dan masalah penelitian, 2) mengumpulkan data penelitian, 3) merencanakan dan membuat desain produk, 4) menguji validasi produk, 5) merevisi atau menyempurnakan produk akhir. Hasil penelitian ini berupa deskripsi temuan mengenai kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa dan pembahasan mengenai 1) pengembangan prototipe Lembar Kerja Siswa, 2) hasil uji validasi prototipe Lembar Kerja Siswa, dan 3) perbaikan produk akhir Lembar Kerja Siswa. Simpulan penelitian ini adalah peserta didik kelas XII dan guru mata pelajaran bahasa Jawa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang menunjukan respon positif terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa dan deskripsi pengembangan Lembar Kerja Siswa yang terdiri atas tiga komponen yaitu, 1) bagian awal, 2) bagian isi, dan 3) bagian akhir.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, tembang, macapat. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:08 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 02:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51708 |
Actions (login required)
View Item |