BENTUK PERTUNJUKAN REBANA AL FAJRU MUSTHOFA DI KELURAHAN KARANGASEM SELATAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG


Saiful Ali Al Anwar, 2501416038 (2021) BENTUK PERTUNJUKAN REBANA AL FAJRU MUSTHOFA DI KELURAHAN KARANGASEM SELATAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK PERTUNJUKAN REBANA AL FAJRU MUSTHOFA DI KELURAHAN KARANGASEM SELATAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG] PDF (BENTUK PERTUNJUKAN REBANA AL FAJRU MUSTHOFA DI KELURAHAN KARANGASEM SELATAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Musik rebana merupakan musik agamis yang biasanya membawakan lagu- lagu dengan tema keagamaan. Musik rebana biasanya ditampilkan dalam peringatan hari-hari besar keagamaan seperti maulid nabi, isra’ mi’raj, halal bi halal, dan lain sebagainya. Kelurahan Karangasem Selatan kecamatan Batang kabupaten Batang mempunyai cukup banyak grup rebana, salah satunya yaitu grup rebana Al Fajru Musthofa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan Pertunjukan Grup Rebana Al Fajru Musthofa di Kelurahan Karangasem Selatan Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Pendekatan penelitian yang dipakai ialah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa grup rebana Al Fajru Musthofa merupakan grup rebana klasik yang mana tidak menambahkan alat musik barat dan alat musik melodis pada pertunjukannya. Dalam pertunjukannya menampilkan lagu qasidah dan shalawat menggunakan tangga nada arab atau biasa disebut dengan maqamat. Lagu dan syair berisi tentang puji-pujian kepada Allah SWT dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Bentuk pertunjukan terdiri dari bentuk komposisi dan bentuk penyajian. Bentuk komposisi meliput ritme, melodi, harmoni, struktur lagu, syair, tempo, dinamika, ekspresi, dan instrumen. Hal yang dikaji dari pertunjukan rebana Al Fajru Musthofa menurut bentuk penyajiannya yaitu urutan penyajian, tata panggung, tata rias, tata busana, tata suara, tata lampu, dan formasi. Grup rebana Al Fajru Musthofa akan lebih baik apabila aspek penyajiannya dikembangkan dengan bentuk variasi-variasi dalam setiap pertunjukannya baik berupa komposisi musiknya maupun bentuk sajiannya seperti panggung, kostum, lampu, dan properti lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Pertunjukan, Rebana, Al Fajru Musthofa
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:54
Last Modified: 31 Aug 2022 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51707

Actions (login required)

View Item View Item