HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG CYBER CRIME DENGAN INTENSITAS PERILAKU PHOTO SHARING DI FACEBOOK


Aminatuzuhriyyah, 1601416094 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG CYBER CRIME DENGAN INTENSITAS PERILAKU PHOTO SHARING DI FACEBOOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG CYBER CRIME DENGAN INTENSITAS PERILAKU PHOTO SHARING DI FACEBOOK] PDF (HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG CYBER CRIME DENGAN INTENSITAS PERILAKU PHOTO SHARING DI FACEBOOK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi saat ini tidak sedikit kejahatan di dunia maya terjadi karena adanya media sosial. Media sosial menjadi media yang populer bagi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Kehadiran media sosial seperti facebook, telah mengubah cara pikir manusia yang awalnya menggunakan album foto untuk menyimpan foto, sekarang justru menggunakan facebook sebagai album digital. Facebook menjadi media sosial yang paling populer untuk menyimpan dan membagikan foto maupun video. Para orang tua biasanya menggunakan facebook sebagai tempat membagikan aktivitas yang dilakukan anaknya di dunia nyata. Tetapi berbagai kemudahan dari penggunaan media sosial terkadang dimanfaatkan orang lain untuk melakukan kejahatan siber. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang cyber crime serta penggunaan media sosial yang kurang bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pengetahuan orang tua tentang cyber crime dengan intensitas perilaku photo sharing di facebook. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional yang memiliki dua skala, yaitu Skala Pengetahuan Orang Tua Tentang Cyber Crime dan Skala Intensitas Perilaku Photo Sharing di Facebook. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun di Desa Bogorejo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Sampling Purposive. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi dari kedua variabel sebesar 0,222 dan nilai signifikan sebesar 0,239 > 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan orang tua tentang cyber crime tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan intensitas perilaku photo sharing di facebook.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan tentang cyber crime, photo sharing, facebook
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:38
Last Modified: 30 Aug 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51683

Actions (login required)

View Item View Item