ASESMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSI TK TALENTA SEMARANG


SISWIYANTI, 1601416057 (2021) ASESMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSI TK TALENTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ASESMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSI TK TALENTA SEMARANG] PDF (ASESMEN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSI TK TALENTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan asesmen pembelajaran anak kebutuhan khusus di lembaga inklusi TK Talenta Semarang serta beberapa faktor pendukung dan penghambat asesmen pembelajaran ABK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan hasil temuan berdasarkan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan dengan membandingkan dengan teori yang ada. Dari penelitian ini diperoleh hasil mengenai cara guru dalam melakukan asesmen pembelajaran yang terbagi dalam tiga tahap: 1). Tahap perencanaan yang meliputi observasi awal, merancang program pembelajaran yang disesuaikan dengan kompetensi dasar. 2). Tahap pelaksanaan yaitu proses pelaksanaan asesmen (observasi, unjuk kerja, dan wawancara), kontinuitas, alat asesmen yang digunakan. 3). Tahap pendokumentasian yaitu pelaporan dari hasil asesmen. Faktor pendukung asesmen pembelajaran anak berkebutuhan khusus adalah adanya dukungan lembaga berupa pemberian pelatihan pada guru, ketersediaan informasi tentang proses dan hasil pembelajaran anak dari orangtua, dan hasil terapi anak yang akan dijadikan acuan dalam memberikan kegiatan sesuai kemampuan dan kebutuhannya. Selain itu juga terdapat faktor penghambat asesmen pembelajaran anak berkebutuhan khusus yaitu kurangnya kerjasama orangtua dalam memberikan data anak sehingga asesmen tidak dapat dilaksanakan dengan semestinya, keterbatasan ruang dan waktu guru dalam pembelajaran daring sehingga tidak semua kegiatan pembelajaran anak selama BDR terlihat langsung, serta kelelahan guru dalam menempuh jarak home visit menyebabkan waktu pembelajaran menjadi lebih singkat dan asesmen pembelajaran tidak cermat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Pembelajaran, ABK, Inklusi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:30
Last Modified: 30 Aug 2022 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51681

Actions (login required)

View Item View Item