PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA TK A GSM 1 SAMPANGAN)


Sakinah Purborini, 1601414054 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA TK A GSM 1 SAMPANGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA TK A GSM 1 SAMPANGAN)] PDF (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA TK A GSM 1 SAMPANGAN)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anak. Tanpa orang tua anak tidak bisa mendapatkan pendidik yang layak. Guru berperan menerapkan disiplin anak di sekolah, yang biasanya seperti jadwal berangkat sekolah. Saat masa Pandemi Covid-19 maka penerapan disiplin dari guru beralih pada kegiatan BDR (Belajar Dari Rumah) seperti konsisten dalam waktu belajar dan mengirimkan dokumentasi belajar anak. Sehingga orang tua berperan utama dalam mengembangkan disiplin anak di masa Pandemi Covid-19 karena anak lebih banyak menghaabiskan waktunya di rumah bersama keluarga. Kedisiplinan anak tentunya berbeda antara sebelum dan saat masa Pandemi Covid-19. Sehingga peran orang tua dalam mengembangkan anak saat masa Pandemi Covid-19 sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK A GSM 1 Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Penelitian mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak dan hambatan yang ditemui dalam mengembangkan kedisiplinan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah orang tua dan guru TK A GSM 1 Sampangan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, peran serta orang tua dalam mengembangkan disiplin anak usia 4-5 tahun sudah baik, orang tua berperan dalam mengembangkan kedisiplinan anak dengan a)Pembiasaan atau Pengulangan, b)Pemberian Nasihat atau Pengarahan, beserta Contoh, c)Penghargaan berupa Pujian atau Hadiah sebagi penguat. Peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak memiliki hambatan internal yaitu rasa jenuh, dan kesibukan orang tua, dan hambatan eksternal yaitu tayangan Televisi, Game, Youtube, dan pengaruh teman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Mengebangkan Kedisiplinan, Anak Usia 4-5 Tahun, Pandemi Covid-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:06
Last Modified: 30 Aug 2022 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51677

Actions (login required)

View Item View Item