ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV TERHADAP STANDAR ISI


Riana Nur Khafifah, 1401417306 (2021) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV TERHADAP STANDAR ISI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV TERHADAP STANDAR ISI] PDF (ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS IV TERHADAP STANDAR ISI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan acuan yang wajib digunakan yang memuat materi yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan. Materi yang disajikan pada buku teks pelajaran harus sesuai dengan Standar Isi. Informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan guru, yaitu guru belum menganalisis buku teks pelajaran Mari Belajar Matematika Pendidikan Matematika untuk SD/MI Kelas IV karya Dewi Nuharini & Sulis Priyanto terbitan CV Usaha Makmur Tahun 2016. Selain itu, penulis menemukan materi yang tidak sesuai dengan KI dan KD pada Standar Isi. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana kesesuaian materi buku teks pelajaran Mari Belajar Matematika Pendidikan Matematika SD/MI Kelas IV karya Dewi Nuharini & Sulis Priyanto dengan Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4?. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian materi buku teks pelajaran terhadap Standar Isi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang dikemukakan Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, materi yang terdapat pada buku teks pelajaran Mari Belajar Matematika Pendidikan Matematika SD/MI Kelas IV karya Dewi Nuharini & Sulis Priyanto secara keseluruhan sudah sesuai dengan Standar Isi, namun masih memerlukan perbaikan. Pada Kompetensi Inti 3, perlu mendapat perbaikan pada aspek kesesuaian materi terhadap KI dan KD, kecakupan materi, keakuratan materi, serta ketataan hukum dan perundang-undangan. Pada Kompetensi Inti 4, perlu perbaikan pada aspek cakupan keterampilan dan aspek akurasi kegiatan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran, (1) sekolah sebaiknya memilah dan memilih buku teks pelajaran yang akan digunakan, (2) pendidik sebaiknya sebelum melaksanakan pembelajaran, pendidik harus melakukan pengecekan atau menganalisis materi terlebih dahulu; (2) penulis lebih memerhatikan materi yang disajikan dengan kompetensi yang diharapkan; dan (3) Badan Standar Nasional Pendidikan harus lebih teliti dalam melakukan penilaian terhadap buku teks pelajaran, (4) penulis harus lebih teliti dalam emnganalisis buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Matematika, Standar Isi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:58
Last Modified: 30 Aug 2022 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51675

Actions (login required)

View Item View Item