TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR


Riska Silviya, 1401416351 (2021) TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR] PDF (TELAAH INSTRUMEN PENILAIAN RANAH KOGNITIF DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Kaligangsa Kulon 03 yang menggunakan instrumen penilaian ranah kognitif yang terdapat dalam Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Instrumen penilaian Ranah Kognitif Buku Siswa Matematika Kelas V Sekolah Dasar belum diketahui kualitasnya, dan guru belum melakukan analisis pada instrumen yang terdapat pada buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kualitas instrumen penilaian ranah kogniif dalam Buku Siswa Matematika kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian ranah kognitif yang terdapat pada Buku Siswa Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru kelas V dan observasi pada instrumen penilaian ranah kognitif pada Buku Siswa Matematika. Analisis yang dilakukan pada instrumen penilaian ranah kognitif yaitu dengan menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom dan distribusi dimensi proses berpikir. Hasil penelitian menunjukkan: (1) soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa Matematika kelas V materi pengumpulan dan penyajian data, pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa berkategori sangat tinggi, dengan rentang nilai validitas isi antara 0,80-1,00 berkategori sangat tinggi; (2) analisis distribusi jenjang ranah kognitif soal latihan pilihan ganda pada Buku Siswa Matematika kelas V materi pengumpulan dan penyajian data, yaitu 4 (33,3%) butir soal berjenjang mengingat (C1), 6 (50%) butir soal berjenjang memahami (C2), 1 (8,3%) butir soal berjenjang menerapkan (C3), 1 (8,3%) butir soal berjenjang mengkreasi (C6). Hasil distribusi jenjang ranah kognitif soal-soal latihan uraian yaitu, 2 (100%) butir soal berjenjang mengkreasi (C6); (3) analisis dimensi proses berpikir yaitu 4 (33,3%) butir soal tingkatan Lower Order Thinking Skills (LOTS), 6 (58,3%) butir soal tingkatan Medium Order Thinking Skills (MOTS), 1 (8,3%) butir soal tingkatan High Order Thinking Skills (HOTS). Hasil distribusi jenjang ranah kognitif soal- soal latihan uraian yaitu, 2 (100%) butir soal tingkatan High Order Thinking Skills (HOTS). Simpulan penelitian, instrumen penilaian ranah kognitif soal pilihan ganda dan uraian yang terdapat pada Buku Siswa Matematika Kelas V Materi Pengumpulan dan Penyajian Data ditinjau dari aspek materi, konstruksi dan bahasa berkategori sangat tinggi serta memiliki kualitas yang baik, pada distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda dan uraian kurang merata, dan pada distribusi dimensi proses berpikir berpikir sudah muncul secara keseluruhan disetiap soal pilihan ganda, namun belum muncul secara keseluruhan pada soal uraian. Disarankan kepada kepala sekolah hendaknya lebih selektif dalam menentukan buku ajar yang digunakan sebagai buku pendamping dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis instrumen; ranah kognitif; matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:44
Last Modified: 30 Aug 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51674

Actions (login required)

View Item View Item