PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP GERABAH DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN


Susi Susanti, 1201416001 (2021) PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP GERABAH DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP GERABAH DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN] PDF (PEMUDA DALAM MENGEMBANGKAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP GERABAH DI DESA GEBANGSARI KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kewirausahaan sosial Gerabah merupakan suatu kewirausahaan untuk menuntaskan permasalahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat Gebangsari. Pengembangan kewirausahaan sosial gerabah dimana peran pemudanya terbilang pasif. Kurangnya kesadaran pemuda bahwa mereka salah satu timbulnya permasalahan sosial sepeti meningkatnya jumlah pengangguran dan memudarnya rasa kepedulian antar masyarakat di desa Gebangsari. Pasifnya peran pemuda juga menjadi kekhawatiran pengrajin karena akan terancam kembali kepunahan kerajinan gerabah dan akan menghilangnya lapangan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlibatan pemuda daam mengembangkan social entrepreneurship gerabah di Desa Gebangsari Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen serta untuk mendeskripsikan faktor penghambat keterlibatan pemuda dalam mengembangkan social entrepreneurship gerabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil 7 orang sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data diambil berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilakan 1.) keterlibatan peran pemuda Gebangsari dalam mengembangkan kewirausahaan sosial gerabah sedikit dengan sadar terlibat dalam kewirausahaan sosial gerabah dan selebihnya minim kontribusi pemuda dalam kegiatan kewirausahaan sosial gerabah. Pemuda yang berperan aktif mampu menunjukan peran dan tugasnya sebagai pemuda agen of change dalam mengembangkan kewirausahaan sosial gerabah. 2.) Faktor yang menghambat pemuda dalam keterlibatan kewirausahaan sosial gerabah adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor motivasi, faktor kesiapan, dan faktor bakat, sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini pemuda di desa Gebangsari sedikit sadar dalam mengembangkan kewirausahaan sosial dan selebihnya minim keterlibatan. Minimnya keterlibatan menunjukan bahwa pemuda belum maksimal dalam menampilkan, menjalankan perannya sebagai agen of change dalam mengembangkan kewirausahaan sosial gerabah dan terdapat beberapa hambatan seperti faktor internal dan faktor eksternal. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu 1.) Perlu adanya upaya dalam mengatasi kendala pemuda untuk ikutserta dalam mengambangkan kewirausahaan sosial gerabah. 2.) Pbab erlu adanya peningkatan kegiatan yang bertema gerabah untuk pengenalan awal bagi pemuda yang masih minim pengetahuan tentang gerabah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemuda, Kewirausahaan Sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 May 2023 08:33
Last Modified: 08 May 2023 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51656

Actions (login required)

View Item View Item