Pengaruh Harga dan Pengalaman Konsumen Terhadap Niat Beralih Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang)


Gabriella Undap, 7311417032 (2021) Pengaruh Harga dan Pengalaman Konsumen Terhadap Niat Beralih Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of Pengaruh Harga dan Pengalaman Konsumen Terhadap Niat Beralih Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang)] PDF (Pengaruh Harga dan Pengalaman Konsumen Terhadap Niat Beralih Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji serta menganalisis pengaruh harga dan pengalaman konsumen terhadap niat beralih ke produk hijau melalui kepuasan konsumen, selain itu penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh langsung harga, pengalaman konsumen, dan kepuasan konsumen terhadap niat beralih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer yang diambil dari kuesioner yang disebar pada 272 sampel yaitu mahasiswa aktif (tahun 2021) Universitas Negeri Semarang yang merupakan kampus konservasi dan mewajibkan mahasiswa mengikuti mata kuliah pendidikan konservasi dengan kriteria responden pernah menggunakan produk hijau. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling sebesar 34 mahasiswa dari total delapan fakultas di Unnes, maka total sampel dalam penelitian ini sebesar 272 sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pemodelan persamaan struktural melalui SmartPLS 3.0. Temuan empiris pada penelitian ini menunjukkan harga dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beralih secara langsung, sedangkan pengalaman konsumen berpengaruh positif namun tidak signifikan pada niat beralih. Selain itu melalui kepuasan konsumen sebagai intervening, harga dan pengalaman konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beralih. Dengan semikian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh harga dan pengalaman konsumen lebih besar apabila kepuasan konsumen setelah menggunakan produk hijau meningkat. Konstruksi tambahan dalam model baru disarankan agar berkontribusi meningkatkan pemahaman terhadap niat beralih ke produk hijau atau dengan menggunakan variabel moderasi atau menambah variabel lain berkaitan dengan produk hijau dengan jenis atau merek yang lebih spesifik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produk Hijau, Niat Beralih, Kepuasan Konsumen, Harga, Pengalaman Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:50
Last Modified: 30 Aug 2022 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51654

Actions (login required)

View Item View Item