PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWER POINT UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SLAWI


Insan Akbar Hakiki, 1102413028 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWER POINT UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SLAWI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102413028 - Insan Akbar Hakiki.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Slawi ditemukan bahwa siswa kurang memahami materi dengan baik, khususnya pada tata cara berbahasa yang baik dan benar pada mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Setelah ditelusuri diketahui bahwa guru kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran dan siswa pun kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran interaktif menggunakan power point untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia agar hasil belajar siswa lebih maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah uji kelayakan media pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh ahli media diperoleh presentase kelayakan sebesar 88% dalam kategori sangat layak, dan hasil dari ahli materi diperoleh presentase kelayakan sebesar 84% dalam kategori layak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Slawi layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Power Point, Bahasa Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:39
Last Modified: 30 Aug 2022 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51651

Actions (login required)

View Item View Item